SAAT ADA MASALAH TUHAN TIDAK PERGI

Kitab Daniel 6:1-29 Mengisahkan tentang satu cerita legendaris, dimana seorang pria pilihan Allah yang (ditawan) atau dalam bahasa saya ditugaskan untuk memberkati bangsa-bangsa lain.  Melalui cerita ini saya menyimpulkan bahwa:
SAAT MASALAH DATANG TUHAN TIDAK PERNAH PERGI

Perikop yang diberi judul Gua Singa diawali dengan cerita bahwa Raja Darius Mengangkat Daniel bersama tiga orang lainnya untuk membawahi 120 wakil raja yang ditempatkan di seluruh wilayah kerajaan Raja Darius orang Media. Ketiga pejabat tinggi ini masing-masing membawahi 40 orang.
Setelah melihat prestasi kerjanya,  Raja bermaksud mengangkat daniel sebagai Perdana menteri di kerajaannya (ayat 4)

Hal inilah yang sebenarnya menjadi pemicu tragedi gua singa, kedua pejabat tinggi dan 120 wakil raja mengadakan Konspirasi tinggkat tinggi, dengan membujuk raja untuk mengeluarkan sebuah Kepra (Keputusan Raja) bahwa barang siapa dalam 30 hari ada yang menyampaikan permohonan kepada Allah atau dewa lain selain kepada Raja Darius maka ia akan di masukkan ke dalam gua singa.

Paling tidak ada tiga point yang dapat di pelajari dari cerita tentang gua singa:
  1. Masalah harus dihadapi dengan doa dan puji-pujian:Pujian dan doa menempati unsur penting dalam kehidupan orang percaya. Yesus menyanyikan pujian (Matius 26:30) Pintu penjara terbongkar saat pujian di naikkan dan kepala penjara di Filipi bertobat (KPR 16:25), Paulus memberi nasehat bahwa pengikut Kristus harus menaikan Mazmur, Pujian dan nyanyian rohani (Kol 3:16), Mazmur 22:4 mengatakan bahwa Allah bersemayam di atas pujian orang Israel, bahkan roh jahat yang diijinkan Allah untuk hinggap pada Saul menjadi mundur  saat Daud memetik kecapinya. Dan saya yakin Daud memainkan nyanyian pujian kepada Allah melalui kecapinya.
  2. Masalah membuat kita sadar akan kuasa Allah: Kuasa Allah seringkali memutar balikkan perkiraan manusia. Allah sanggup membuat singa-singa tidak selera makan terhadap Daniel. Daniel menyebutnya dengan mengatakan bahwa Malaikat Allah menutup mulut singa-singa. Bila kita mengacu kepada Ibrani 1:14 kita dapat memiliki keyakinan bahwa salah satu cara Tuhan menolong umatnya dengan cara mengirim pasukan malaikat. Demikian juga yang dialami oleh Elisa yang tertulis dalam kitab 2 Raja-Raja 6:15-17.
  3. Masalah & Solusinya bertujuan agar dunia tahu akan kuasa Allah : saat masalah datang pasti Allah akan memberikan solusinya. Dan solusi yang Allah nyatakan kepada Daniel dengan menyelamatkan Daniel tanpa cidera membuat Raja Darius mengakui kekuasaan Tuhan atas kehidupan manusia.  Dan saat kita membaca titah Raja Darius kepada semua orang yang ada dalam wilayah kekuasaannya sangat menggambarkan pengalaman yang ia lihat saat Daniel bebas dan dipelihara oleh Allah secara luar biasa saat berada di dalam gua singa.  Perhatikanlah dalam ayat 29 kita mendapat satu catatan bahwa Daniel dianugerahi pangkat yang luar biasa oleh Raja Darius.
Allah sanggup melakukan segala perkara, Allah sanggup memutar balikkan fakta dan Allah siap melakukannya bagi anda. Shalom.




Komentar

Postingan Populer